width:

24 Agustus 2009

Membedah Rasail Imam Junaid Al-Baghdadi (210H-297H) part I



Prolog

Kajian tentang al-Junaid al-Baghadi tidak hanya diminati oleh kalangan umat muslim. Para islamolog-islamolog barat atau yang biasa dikenal dengan sebutan orientalis pun banyak yang terpikat untuk menelaah dan mengkaji al-Junaid. Dimulai dari orientalis kawakan seperti Gobineau, Horten (1884-1945), sampai orientalis kenamaan asal hongaria, ignaz golziher (1850- 1921 M). Para orientalis di atas menyimpulkan bahwa al-Junaid adalah seorang sufi yang menganut faham wahdatul wujud.

Pada babakan selanjutnya ada salah satu orientalis yang memiliki kesimpulan yang berbeda tentang penilaian tasawuf al-Junaid, yakni Hartman (1851M- 1918M). Ia menyimpulkan bahwa al-Junaid merupakan tokoh sufi yang mengislamkan tasawuf.

Kelahiran al-Junaid

Tidak ada sumber otoritatif yang secara pasti menentukan tahun kelahiran Imam Junaid. Pakar sejarawan kerap berbeda pandangan mengenai hal itu. Yang pasti al-Junaid lahir dan berkembang di kawasan Baghdad. Indikasi-indikasi lain seperti kejadian hidupnya serta perjumpaannya bersama para gurunya mengatakan bahwa ia lahir pada tahun 210 H. Beliau adalah orang yang terawal menyusun dan memperbahaskan tentang ilmu tasawuf dengan ijtihadnya. Banyak kitab-kitab yang menerangkan tentang ilmu tasawuf berdasarkan kepada ijtihad Imam Junaid Al-Baghdadi.

Imam Junaid adalah seorang ahli perniagaan yang Berjaya, serta kaya raya. Beliau memiliki sebuah gedung perniagaan di kota Baghdad yang ramai dikunjungi pelanggannya. Sebagai seorang guru sufi, beliau tidaklah disibukkan dengan mengurusi perniagaannya sebagaimana para pebisnis kaya raya lain di Baghdad.

Adalah Imam Junaid, ia akan menutup kedainya setelah selesai mengajar murid-muridnya. Kemudian beliau balik ke rumah untuk beribadat seperti solat, membaca Al-Quran dan berzikir.

Setiap malam beliau berada di masjid besar Baghdad untuk menyampaikan kuliahnya. Penduduk Baghdad sangat berantusias datang ke masjid untuk mendengar kuliahnya sehingga kuliahnya dipenuhi para jamaahnya.
Imam Junaid hidup dalam keadaan zuhud. Beliau ridha dan bersyukur kepada Allah dengan segala nikmat yang dikaruniakan kepadanya. Beliau tidak pernah berangan-angan untuk mencari kekayaan duniawi dari sumber pekerjaannya sebagai peniaga. Beliau akan membagi-bagikan sebagian dari keuntungan perniagaannya kepada golongan fakir miskin, peminta dan orang-orang tua yang lemah.

Imam Junaid seorang yang berpegang kuat kepada Al-Quran dan As-Sunnah. Beliau senantiasa merujuk kepada Al-Quran dan sunnah Rasulullah j dalam setiap pengajiannya. Beliau pernah berkata:
"Setiap jalan tertutup, kecuali bagi mereka yang sentiasa mengikuti perjalanan Rasulullah Barang siapa yang tidak menghafal Al-Quran, tidak menulis hadis-hadis, tidak boleh dijadikan
ikutan dalam bidang tasawuf ."

Memiliki Beberapa Kelebihan dan Karamah

Imam Junaid mempunyai beberapa kelebihan dan karamah. Antaranya ialah
berpengaruh kuat setiap kali menyampaikan kuliahnya. Kehadiran murid-muridnya di masjid, Bukan saja dihadiri oleh orang-orang biasa, bahkan semua golongan meminati kuliah yang disampaikan olehnya.

Diuji Dengan Seorang Wanita Cantik

Setiap insan yang ingin mencapai keridhaan Allah selalu menerima ujian dan cobaan. Imam Junaid menerima ujian dari beberapa orang musuhnya setelah pengaruhnya meluas. Mereka telah membuat fitnah untuk menjatuhkan imej Imam Junaid musuh-musuhnya telah bekerja keras menghasut khalifah di masa itu agar membenci Imam Junaid . Namun usaha mereka untuk menjatuhkan kemasyhuran Imam Junaid tidak berhasil.
Musuh-musuhnya berusaha berbuat sesuatu yang dapat memalukan Imam Junaid .

Pada suatu hari, mereka menyuruh seorang wanita cantik untuk memikat Imam Junaid. Wanita itu pun mendekati Imam Junaid yang sedang tekun beribadat. Ia mengajak Imam Junaid agar melakukan perbuatan terkutuk.
Namun wanita cantik itu hanya dikecewakan oleh Imam Junaid yang sedikitpun tidak mengangkat kepalanya. Imam Junaid meminta pertolongan Allah agar terhindar dari godaan wanita itu. Beliau tidak suka ibadahnya diganggu oleh siapapun. Beliau melepaskan satu hembusan nafasnya ke wajah wanita itu sambil membaca kalimah LailahailAllah. Dengan takdir Tuhan, wanita cantik itu rebah ke bumi dan mati. Khalifah yang mendapat tahu kematian wanita itu telah memarahi Imam Junaid karena menganggapnya sebagai suatu tindak pidana. Kemudian khalifah memanggil Imam Junaiduntuk mengklarifikasi kejadian tersebut . "Mengapa engkau telah membunuh wanita ini?" tanya khalifah. "Saya bukan pembunuhnya. Bagaimana pula dengan keadaan tuan yang diamanahkan sebagai pemimpin untuk melindungi kami, tetapi tuan berusaha untuk meruntuhkan amalan
yang telah kami lakukan selama 40 tahun," jawab Imam Junaid.

Wafatnya

Akhirnya kekasih Allah itu telah menyahut panggilan Ilahi pada 297 Hijrah. Imam Junaid telah wafat di sisi As-Syibli, seorang dari muridnya.
Ketika sahabat-sahabatnya hendak mengajar kalimat tauhid, tiba-tiba Imam Junaid membuka matanya dan berkata, "Demi Allah, aku tidak pernah melupakan kalimat itu sejak lidahku pandai berkata-kata.

Pada masa al-Junaid karya-karya tasawuf belum terpaparkan sampai dasar-dasarnya. Bahkan mayoritas orang memiliki sikap antipati terhadap tasawuf, Sebagian kalangan menganggap al-Junaid adalah seorang sufi ateis dan zindik. Karena itu, al-Junaid dan para sufi lainnya pada masa itu belum berani secara terang-terangan dalam mengadakan kajian tasawuf.

Dr.Ali Hasan Abdul Qadir, editor rasail al-Junaid, memaparkan alas an-alasan mengenai sikap al-Junaid yang merahasiakan pemikirannya tentang tasawuf kepada khalayak ramai. Pertama, pandangan al-Junaid dianggap menyimpang dari kesepakatan kaum rasional. Kedua, pemikiran beliau tidak mendapat respon dari masyarakat luas, sampai-sampai beliau secara sembunyi-sembunyi mengadakan kajian tasawuf. Ketiga,ungkapan-ungkapan al-Junaid tidak mudah atau sulit untuk difahami oleh sebagian besar orang, sampai Ibnu arabi pun termasuk di dalamnya.

Al-Junaid – menurut para sufi- , sebagaimana yang dipaparkan al-Subki , merupakan pemuka kelompok tasawuf, penghulu para golongannya, dan guru para sufi.

Risalah-risalah al-junaid merupakan sekumpulan surat-surat al-junaid yang beliau layangkan kepada para sahabatnya. Membaca dan mengkaji risalah ini mengantarkan kita untuk memahami pandangan-pandangan beliau tentang tasawuf. Di samping itu kita dapat mengetahui keutamaan beliau, serta menguak sisi-sisi pemikirannya yang belum terjamah dan tersibak oleh kita.

Pada pembukaan kajian ini, Dr.K.H Lukman Hakim MA, menjelaskan bahwa, risalah-risalah al-Junaid memang ditujukan kepada para sahabatnya, namun sangat disayangkan ada beberapa risalah yang tidak diketahui nama sahabat beliau, diantaranya adalah risalah pertama dalam kumpulan-kumpulan tersebut.

Al-Junaid memiliki beberapa murid yang kelak menjadi sufi-sufi terkemuka. Sebut saja al-Hallaj, seorang sufi controversial yang memprakarsai jargon “ana al-Haq”,. Diantaranya lagi Al-Syibli dan masih banyak yang lainnya. Bahkan, menurut Dr.Lukman Hakim “mayoritas thariqah yang ada saat ini memiliki jalur dengan al-Junaid. Termasuk abdul Wahab al-Sya’rani.”tandas beliau.

Risalah pertama al-Junaid dilayangkan kepada salah seorang sahabatnya yang juga termasuk sufi agung (nama sufi ini tidak terdeteksi) yang sedang mengalami proses kesufian yang luar biasa. Hal ini bisa dilihat dari tutur bahasa yang diungkapkan al-Junaid dalam surat itu.

Dalam kata pembuka surat itu, al-Junaid mengungkapkan dengan bahasa yang sangat indah. “ Semoga Allah yang maha agung menjernihkanmu dengan keindahan yang layak bagimu” tulis al-Junaid. Kata-kata indah nan memikat itu dijabarkan oleh Dr.Lukman Hakim dengan sebuah kesimpulan, pertama, Allah tidak pernah mendzalimi hamba-Nya. Hal ini harus kita yakini agar kita tidak pernah memprotes takdir-Nya. Kedua, hilangkan kebencian terhadap sesame manusia, karena agar kita bisa tenang dalam menjalankan ibadah kepada-Nya.

Dalam terminology tasawuf ada dua term yang bersifat fundamental. Yaitu, talwin dan tamkin. Talwin adalah keadaan seorang hamba yang jiwanya belum mandiri. Sedangkan tamkin adalah kebalikannya, yakni keadaan seorang hamba yang jiwanya telah mandiri.

Pada bait selanjutnya al-junaid menyatakan kepada sahabatnya, “Dimanakah engkau berada??, sementara engkau telah menikmati seluruhnya??, Saat ini engkau adalah seorang penanya sekaligus penjawab”!. Kalimat ini al-Junaid tunjukkan untuk menghilangkan sebuah keraguan yang sedang menyelimuti rekannya.
Pada akhir suratnya al-Junaid menuliskan sebuah do’a kepada sahabatnya sebagai sebuah kalam penutup. Hal ini, menurut Pak Lukman, sebagai sebuah bentuk kasih sayang al-Junaid terhadap rekannya itu. Sekalipun do’a tersebut hanya terdapat dalam sebuah surat namun hal itu dinilai sesuatu yang memiliki nilai yang sangat tinggi serta membekas terhadap sang pembaca.

Epilog

Demikianlah, sebuah tulisan yang bisa kami sarikan dari kajian pembuka Kitab Rasail al-Junaid. Ada beberapa poin penting yang bisa kita tarik sebagai sebuah kesimpulan tulisan sederhana ini, pertama, kita sebagai umat muslim harus lebih giat lagi untuk mengkaji sufi-sufi agung. Karena, kajian yang dihasilkan oleh para orientalis harus kita sikapi dengan arif, selektif dan kritis. Kita tidak boleh bersikap apriori dengan kajian yang telah dilakukan oleh orientalis. Karena itu kita harus mengkajinya langsung. Kedua, sejatinya kontroversi terkait posisi al-Junaid sebagai penganut faham wahdatul wujud atau bukan masih diperdebatkan oleh para sarjana, baik dari kalangan islam sendiri ataupun sarjana-sarjana orientalis. Ketiga, risalah al-Junaid yang beliau tujukan kepada sahabatnya mengindikasikan perhatian seorang al-Junaid terhadap rekannya yang sedang mengalami proses kesufian yang agung.

WalLahu A’lam bi Al-Shawab

2 komentar:

  1. maaf...
    ko pada prolognya tu isinya mirip sama blog dilain ya...?

    BalasHapus
  2. mungkin referensinya sama mas, aku ngambil dari muqaddimah rasail junaid karya junaid al-Baghdadi...kalau copas ma blog lain aku gak merasa pernah mengkopi, membuka tulisan yang sama pun blm prnah aku temui...

    BalasHapus

kotak saran 'en' kritik